Breaking News

Pemakaian Obat Batuk Dan Pilek Yang Aman Bagi Anak

Pemakaian Obat Batuk Dan Pilek Yang Aman Bagi Anak

Mayoritas anak akan banyak mengalami pilek dan sakit batuk yang bisa mencapai enam hingga delapan kali dalam setahun. Banyak sekali penanganan yang bisa kalian lakukan pada umumnya para ibu lakukan untuk menangani anak dengan sakit yang demikian. Obat-obatan secara herbal ataupun racikan yang mudah kalian dapatkan dijual di Apotek ataupun warung-warung terdekat yang ada di sekitar rumah kalian.

Namun ada baik nya kalian para orang tua harus memberikan dengan benar obat yang akan kalian berikan pada anak kalian tersebut. Karena sangat banyak sekali kasus orang tua salah dalam memberikan obat kepada anak mereka. Dokter sendiri sangat menganjurkan para orang tua agar tidak memberikan obat-obatan yang dijual bebas untuk anak yang sedang mengidap penyakit pilek dan batuk yang diderita anak.

Penggunaan Obat Batuk Dan Pilek Bagi Anak Usia 6 Tahun

Dibawah usia 6 tahun anak masih memiliki daya tahan tubuh yang sangat lemah dan masih belum tahan dengan obat-obatan yang dujual secara bebas. Karena pada umumnya efek samping yang diberikan oleh obat tersebut lebih besar dibandingkan dengan manfaatnya. Untuk anak usia 6 tahun ketas bisa menggunakan obat-obatan tersebut namun juga bukan menjadi obat yang rutin dikonsumsi saat anak mengalami sakit Pilek dan Batuk.

Karena pada umumnya obat-obatan yang dijual secara bebas di warung dan toko obat tersebut hanyalah obat-obatan dengan pengobatan simtomatik. Pada umumnya memang obat-obatan tersebut bekerja pada anak, namun banyak juga anak yang tidak mempan dengan kegunaan obat-obatan tersebut.

Anak Dibawah Usia 12 Tahun

Namun beda halnya dengan anjuran yang disampaikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) yang merekomendasikan anak-anak dibawah usia 12 tahun untuk tidak diberikan obat Batuk dan Pilek yang dijual secara bebas. Sedangkan pendapat yang berbeda juga datang dari AAP yang merekomendasikan anak pada usia 4 tahun kebawah tidak boleh mengonsumsi obat Batuk dan Pilek OTC secara rutin yang dijual secara bebas tersebut.

Obat Yang Tidak Dianjurkan Untuk Usia Bayi

Obat Yang Tidak Dianjurkan Untuk Usia Bayi

Dikutip dari Medicine, mengungkapkan ada empat kategori obat yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh anak. Adapun obat-obatan yang dimaksudkan adalah sebagai berikut:

1. Ekspektoran Batuk (Guaifensin)
2. Penekan Batuk (Dekstrometorfan, DM)
3. Dekongestan (Pseudoefedrin dan Fenilefrin)
4. Antihistamin tertentu seperti brompheniramine.

Menurut majalah kesehatan yang beredar di British Medical journal (BMJ) menyimpulkan jika obat Batuk dan Pilek yang dijual secara bebas sama sekali tidak bisa menyembuhkan anak yang sedang sakit. Adapun gejala dan efek samping yang akan dirasakan anak yang mengonsumsi obat-obatan tersebut akan meras ngantuk dan gangguan pencernaan. Bahkan gejala yang akan di terima bisa menyerang jantung dengan gejala detak jantung yang lebih cepat dan kejang yang dirasakan setelah anak mengkonsumsi obat-obatan tersebut.

Sebenarnya akan sangat lebih aman jika kalian para orang tua meracik sendiri obat-obatan yang aman dan digukan pada buah hati kesayangan kalian. Karena pemberian obat yang salah malah akan memberikan dampak negative bagi buah hati kalian yang sedang mengidap Batuk dan Pilek. Memang terlihat seperti penyakit yang sepele karena pengobatan nya tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama untuk ditangani.

Namun yang menjadi dampak besar dari kesalahan dalam memakai obat-obatan secara sembarangan akan berdampak buruk bagi kesehatan anak kedepan nya. Akan lebih baik jika kalian lebih baik jika kalian lebih memilih dan memilah semua obat yang akan diberikan kepada anak sebelum memberikan nya kepada anak kalian. Apalagi anak kalian masih memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan masih sangat sensitif dengan reaksi obat yang dikonsumsi.